Pengenalan Fitur

Tips Mengelola Keuangan Bagi Millennial Untuk Hidup Lebih Baik

“Milenial sulit punya rumah” kalimat seperti itu hampir selalu muncul di riset ataupun artikel dengan topik mengenai gaya hidup generasi millennial yang mungkin tidak sesuai dengan pemasukan yang diterimanya. Membeli barang-barang dengan brand ternama, ngopi atau makan di cafe yang sedang hits merupakan gaya hidup yang tidak bisa ditinggali oleh generasi millennial. Seolah, kehidupan sosial menjadi hal yang lebih penting. Dengan mengikuti gaya hidup seperti itu tentu saja masih banyak generasi millennial yang tidak memiliki keuangan yang sehat. Siapa bilang generasi millennial tidak bisa memiliki kesempatan untuk memiliki rumah atau mempunyai keuangan yang sehat? Tentu saja semua bisa dengan mengikuti tips berikut ini :

1. Buat anggaran keuangan

Membuat anggaran keuangan merupakan hal yang paling utama dan penting. Buatlah anggaran keuangan harian, mingguan dan bulanan untuk membatasi pengeluaran anda. Mulailah membuat daftar pengeluaran bulanan menjadi dua bagian yaitu kebutuhan primer dan tersier. Makan, transportasi, tagihan listrik, cicilan rumah, cicilan motor dan lain sebagainya masuk kedalam kategori kebutuhan primer. Shopping, traveling hingga hangout dengan teman-teman atau rekan kerja masuk kedalam kategori kebutuhan tersier.

2. Buat catatan keuangan

Dengan memiliki catatan keuangan akan memudahkan anda untuk mengetahui kondisi keuangan anda yang paling update. Simpanlah semua struk belanja yang anda dapatkan setiap anda melakukan pembelanjaan. Kemudian, catatlah semua pengeluaran yang anda lakukan setiap harinya. Hal ini akan membantu anda untuk membandingkan rancangan keuangan yang anda buat di awal bulan dengan catatan keuangan yang sudah anda gunakan. Apabila terjadi perbedaan antara keduanya tentu saja akan memudahkan anda untuk menganalisa pengeluaran mana yang sebenarnya tak perlu anda beli kembali di bulan depan.

3. Miliki tabungan

Tabungan dipecah menjadi tiga prioritas yaitu dana darurat, tabungan jangka menengah dan tabungan jangka Panjang. Dana darurat digunakan jika anda dalam kondisi tidak terduga. Sementara itu kebutuhan tahunan, seperti liburan atau pulang ke kampung halaman masuk kedalam kategori tabungan jangka menengah. Untuk tabungan jangka panjang berguna untuk kebutuhan yang lebih besar termasuk rencana membangun atau membeli rumah.

4. Lunasi pinjaman konsumtif

Segeralah lunasi cicilan atau hutang karena semua kredit konsumtif dalam bentuk apapun sangat tidak dianjurkan. Dengan rutin membayar cicilan yang anda punya dan segera melunasinya akan membantu anda untuk menyelesaikan semua cicilan yang anda punya.

5. Miliki proteksi

Memiliki proteksi sejak dini sangatlah penting terlebih sebelum umur anda semakin bertambah. Berada di usia produktif tentu membuat anda memiliki mobilitas yang sangat tinggi. Berbagai macam kegiatan baru tentunya akan menantang bagi anda untuk dicoba. Namun, tidak ada yang tahu pasti mengenai kesehatan anda kedepannya. Oleh karena itu, diperlukannya asuransi untuk mengantisipasinya baik itu asuransi kesehatan ataupun asuransi jiwa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *