QRIS AMEERA
Berita,  Headline,  Tips Bisnis

QRIS hadir, transaksi digital makin aman

Pada tahun 2019 lalu, Bank Indonesia (BI) meluncurkan QRIS sebagai salah satu pelaksanaan Visi Sistem Pembayaran Indonesia (SPI) 2025. Lalu apa itu QRIS? QRIS adalah akronim dari Quick Response Indonesian Standard yang berfungsi sebagai metode pembayaran digital melalui QR Code. Seluruh penyedia Penyelenggara Jasa Sistem Pembayaran (PJSP) berbasis QR (termasuk PJSP asing) diwajibkan menggunakan QRIS . Peluncuran ini  bertujuan untuk memastikan penyelenggaraan layanan pembayaran yang menggunakan QRIS di Indonesia dapat berjalan dengan baik. Implementasi QRIS secara nasional efektif berlaku mulai 1 Januari 2020

Pembayaran dengan QRIS menggunakan sistem Merchant Presented Mode (MPM), artinya, pengguna cukup melakukan scan QR Code yang tersedia pada merchant-merchant yang sudah bekerjasama dengan  PJSP atau e-wallet lokal maupun asing. Dari sisi pelaku usaha, para merchant yang sudah bekerja sama dengan PJSP cukup memasang QR Code QRIS yang dapat menerima pembayaran dari berbagai PJSP atau e-wallet, seperti Link Aja, Gopay, OVO, DANA, Shopeepay dan sebagainya.

QRIS sendiri merupakan produk dari hasil kerja sama antara BI dengan Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI). QRIS dibuat menggunakan standar internasional EMV dengan tujuan agar pembayaran digital menjadi lebih simpel dan dapat lebih mudah diawasi. Sebagai system yang bertujuan untuk mempermudah transaksi digital, QRIS mengusung konsep UNGGUL

UNiversal:

QRIS bersifat inklusif, digunakan untuk seluruh lapisan masyarakat dan bisa digunakan buat transaksi pembayaran di domestik dan luar negeri.

GampanG:

masyarakat bisa bertransaksi dengan mudah dan aman dalam satu genggaman ponsel.

Untung:

transaksi  menguntungkan pembeli dan penjual karena transaksi berlangsung efisien melalui QR Code yang bisa digunakan untuk semua aplikasi pembayaran pada ponsel.

Langsung:

transaksi  langsung terjadi, karena prosesnya cepat dan seketika sehingga mendukung kelancaran sistem pembayaran.

Kehadiran QRIS diharapkan dapat memperlancar sistem pembayaran nontunai sekaligus menjamin keamanan pembayaran digital dan mendorong ekonomi keuangan digital. Selain itu, QRIS juga dibuat sebagai salah satu cara untuk mencegah monopoli layanan pembayaran digital termasuk dari pihak asing.

 

 

Ameera Kasir Online

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *